RUWAT RIGEN

Ribuan petani tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar ritual "ruwat rigen" dalam Festival Kledung yang diselenggarakan di Rest Area Kledung, Temanggung, Sabtu.

AMAZING TEMANGGUNG


Ritual diawali dengan diarak rigen raksasa berukuran 4,25 meter kali 10,5 meter dari lapangan Kledung ke lokasi ritual, di belakangnya puluhan tumpeng dibawa ke lokasi ritual.
Beberapa kelompok kesenian dan puluhan rigen juga meramaikan kegiatan tahunan tersebut.
Rigen adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menjemur tembakau rajangan yang terbuat dari anyaman bambu.
Setelah peserta arak-arakan berkumpul di lokasi ritual, kemudian dilakukan mujahadah. Setelah berdoa, tumpeng dibagikan pada warga dan masing-masing kelompok kesenian melakukan pentas.
Arak-arakan diikuti perwakilan dari 13 desa yang ada di Kecamatan Kledung. Selain ditampilkan kesenian tradisional, juga diselenggarakan lomba kuliner perwakilan dari 20 kecamatan di Temanggung.
Ruwat rigen yang dilaksankan di "rest area" Kledung ini ditandai dengan percikan air dari Sendang Kamulyan di Desa Kledung pada sebuah rigen.
Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi dan kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
Kegiatan ini juga sebagai upaya pemanfaatan "rest area" Kledung yang diharapkan menjadi titik pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kledung khususnya dan Kabupaten Temanggung pada umumnya.
"Ruwat rigen ini merupakan bagian dari budaya Jawa. Ruwatan merupakan doa bersama dengan harapan tahun ini hasil panen tembakau laku tinggi,".
"rest area" ini luar biasa, dilengkapi UMKM Center, pemandangannya bagus bisa menyaksikan dua gunung.

Sumber text = antaranews.com.
hak cipta foto ada di halalbum

REKOMENDASI

EMBUNG KLEDUNG

Open

POSONG

Open

SEDADAP

Open

BCL TLOGOWERO

Open

SEDENGKENG

link here

TAMAN BAMBU RUNCING

link here

WISATA ALAM

Open

WISATA KELUARGA

Open

WISATA RELIGY

Open

WISATA SEJARAH DAN EDUKASI

Open

WISATA BUDAYA

link here

WISATA KULINER

link here